Mengenal Chakra Dan Fungsinya


Mengenal Bermacam-Macam Chakra

Chakra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti roda (berputar). Chakra adalah suatu titik pembangkit energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta yang ada pada organ tubuh. Chakra yang ada di tubuh manusia berbentuk seperti roda berputar dan seperti bunga teratai yang berkembang. Ada tujuh chakra utama yang ada di tubuh manusia, yaitu:

  1. Chakra Mooladhara (chakra Kundalini atau chakra Dasar)
  2. Chakra Svadhistana (chakra Sex atau chakra Alat Kelamin)
  3. Chakra Manipura (chakra Pusar )
  4. Chakra Anahata (chakra Jantung)
  5. Chakra Visudhi (chakra Tenggorokan)
  6. Chakra Ajna (chakra Mata Ketiga atau chakra Spiritual pada Jasad)
  7. Chakra Sahasrara (chakra Mahkota atau Pintu Gerbang Energi Spiritual)

Fungsi dan Sifat Tujuh Chakra Utama

Chakra Mooladhara (Chakra Kundalini /Chakra Dasar)

Chakra Mooladhara (Kundalini) terdapat pada dasar tu-lang ekor. Chakra ini merupakan inti dari inti awal pem-bangkitan chakra lainnya. Kebangkitan chakra Mooladhara (Kundalini) merupakan kebangkitan yang sangat dahsyat karena dapat membangkitkan chakra-chakra lainnya pada seluruh chakra Jasad, ketujuh chakra lainnya, jalur Sushumna, nadi Ida, dan nadi Pingala. Karena mempunyai energi cadangan (spare energy) yang lebih tinggi dari chakra-chakra lainnya, chakra Mooladhara mempunyai keistimewaan, yaitu hanya chakra ini yang dapat menuju ke seluruh cakra yang berada pada chakra Jasad.

Energi Spiritual, energi 4 Unsur Alam Semesta, energi Shaktiphat, dan energi cadangan pada chakra ini sangat mak-simal dan sangat seimbang sehingga dapat berfungsi sebagai penyeimbang dan penyelaras seluruh energi pada tubuh manusia.

Chakra ini memiliki sifat penyeimbang dan pengatur segala yang ada pada tubuh manusia,  seperti:

  • Sebagai penyeimbang dan pengatur organ-organ utama pada tubuh, seperti lima organ Yin (jantung, paru-paru, limpa, ginjal, dan hati) dan lima organ Yang (usus besar, usus halus, usus 12 jari, usus buntu, dan lambung)
  • Sebagai pengatur energi pada jasad
  • Sebagai pengatur hormon pada tubuh
  • Sebagai pengatur sirkulasi darah, air, serat makanan, dan gizi pada tubuh.

Chakra Svadhistana (Chakra Alat Vital/Chakra Sex)

Chakra Svadhistana terletak pada alat vital manusia. Chakra ini memiliki keseimbangan energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta yang cukup seimbang dan selaras. Namun, ketidakseimbangan dapat terjadi jika chakra Svadhis-tana yang bangkit maksimal tidak diseimbangkan oleh chakra Visudhi sehingga hawa nafsu manusia tidak dapat terkendali.

Chakra Svadhistana berfungsi sebagai pengendali urin yang diedarkan dari ginjal dan menyeimbangkan kadar urin terhadap racun-racun seperti kreatinin dan urium. Selain itu, chakra ini juga menyeimbangkan hormon ovum dan sperma serta hormon insulin dan hormon adrenalin —yang jika tidak seimbang dapat menyebabkan kadar gula yang menurun dan kadar gula yang menaik atau mengendap (gula darah).

Chakra ini dapat terus berkembang dan aktif jika chakra ini dialiri energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta dan energi Shaktiphat dari Chakra Kundalini (Mooladhara).

Chakra Manipura (Chakra Pusar)

Chakra Manipura terletak pada pusar manusia. Chakra ini merupakan inti kekuatan daya tahan tubuh manusia yang terbesar.

Chakra Manipura dapat mengoordinasi seluruh kegiatan dari sistem saluran pencernaan manusia . Oleh karena itu, chakra Manipura merupakan inti penggerak dari organ-organ pencernaan, seperti usus besar, usus kecil, usus halus, usus 12 jari, usus buntu, ginjal, dan lambung. Chakra ini merupakan penyeimbang energi murni yang telah diperoleh dari saluran pencernaan.

Chakra Manipura dapat terus berkembang dan aktif jika dialiri energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta dan energi Shaktiphat dari Chakra Kundalini (Mooladhara). Chakra ini memiliki keseimbangan yang baik antara energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta sehingga chakra ini bersifat sebagai penyeimbang energi pada saluran pencernaan. Dalam proses keseimbangan energi chakra, chakra Manipura dapat diseimbangkan dengan chakra Anahata.

Chakra Anahata (Chakra Jantung)

Chakra Anahata terdapat pada jantung manusia. Chakra ini merupakan penggerak dan penyeimbang detak jantung manusia, dan menggerakkan darah yang masuk dan keluar baik melalui bilik kanan dan bilik kiri maupun melalui serambi kanan dan kiri. Chakra Anahata juga mengendalikan pembuluh-pembuluh darah pada jantung dan pada seluruh tubuh.

Chakra Anahata dapat terus bangkit dan berkembang jika chakra ini dialiri energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta dan energi Shaktiphat dari Chakra Kundalini (Mooladhara).

Chakra Anahata memiliki keseimbangan dalam energi, terutama energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta. Chakra ini bersifat sebagai pembangkit dan penyeimbang sehingga dalam proses keseimbangan energi pada chakra, chakra Anahata dapat menyeimbangkan kekuatan daya tahan tubuh yang terbesar yang berasal dari chakra Manipura (Chakra Pusar).

Chakra Visudhi (Chakra Tenggorokan)

Chakra Visudhi terletak pada tenggorokan. Chakra ini dapat terus dibangkitkan dan berkembang jika chakra ini terus dialiri energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta dan energi Shaktiphat dari chakra Kundalini (Mooladhara).

Sifat chakra Visudhi adalah memiliki energi Spiritual yang cukup seimbang. Chakra ini juga sedikit lebih seimbang dibandingkan chakra Sahasrara dan chakra Ajna karena chakra Visudhi merupakan chakra penyeimbang dari segala hawa nafsu yang terdapat pada chakra Svadhistana pada jasad manusia. Chakra Visudhi memiliki energi 4 Unsur Alam Semesta yang cukup seimbang sehingga energi chakra Visudhi merupakan regulator (pengatur) keseimbangan segala hawa nafsu tubuh manusia. Dalam proses keseimbangan energi, energi chakra Visudhi dapat diseimbangkan dengan chakra Svadhistana.

Chakra Ajna (Chakra Mata Ketiga/Chakra Spiritual Jasad)

Chakra Ajna terletak di tengah-tengah antara alis mata kanan dan kiri. Chakra Ajna dapat terus dibangkitkan dan berkembang jika terus dialiri energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta (Unsur Bumi, Air, Angin, Matahari) dan energi Shaktiphat dari chakra Kundalini (Mooladhara).

Chakra Ajna ini memiliki energi Spiritual yang lebih tinggi dibandingkan enam chakra utama lainnya, dan juga lebih tinggi dibandingkan dengan chakra Sahasrara. Chakra Ajna merupakan chakra Spiritual pada jasad manusia dan memiliki energi 4 Unsur Alam Semesta yang sedikit rendah sehingga energi chakra Ajna ini lebih dominan dalam pembangkitan spiritual. Dalam proses keseimbangan chakra, chakra ini dapat diseimbangkan dengan chakra Ajna baik depan dan belakang (otak depan & belakang bagian kiri & kanan).

Chakra Sahasrara (Chakra Mahkota)

Chakra Sahasrara terletak pada ubun-ubun kepala. Chakra ini dapat terus berkembang jika dialiri energi Metafisika Spiritual, energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta (Unsur Bumi, Air, Angin, Matahari), dan energi Shaktiphat dari chakra Kundalini (Mooladhara). Kita dapat mengalirkan energi ini melalui jalannya chakra Kundalini melalui jalur Sushumna, nadi Ida dan nadi Pingala.

Sifat chakra Sahasrara ini adalah memiliki energi Spiritual yang lebih tinggi dibandingkan dengan lima chakra utama lainnya (selain chakra Ajna) dan memiliki energi 4 unsur yang sedikit rendah. Oleh karena itu, energi dari chakra Sahasrara ini bersifat dingin dan kaya dengan energi Spiritual. Chakra Sahasrara berguna sebagai pintu gerbang masuknya energi Spiritual yang telah diperoleh dari chakra Shing Chi Outer Body. Dalam proses keseimbangan chakra, energi chakra ini dapat diseimbangkan dengan chakra Kundalini (Mooladhara).

Fungsi dan Sifat Chakra Jasad

Chakra Jasad berada di seluruh tubuh manusia. Gambar chakra Jasad tidak ditampilkan karena sangat banyak (mencapai 366 cakra).

Secara singkat, chakra Jasad memiliki beberapa chakra penting, di antaranya:

  • Chakra Persendian Tubuh
  • Chakra Organ Tubuh
  • Chakra Minor (chakra yang berada pada telapak kaki dan tangan)
  • Chakra Laser  (chakra yang berada pada jari telapak kaki dan tangan)

Saya akan menjelaskan chakra-chakra itu satu per satu.

Chakra Persendian Tubuh

Chakra ini berada pada ke-366 persendian tubuh manusia. Chakra ini memiliki energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta yang cukup tinggi terutama unsur Buminya. Yang diutamakan pada unsur ini adalah kalsium dan zat kapurnya.

Chakra Persendian Tubuh berfungsi untuk memperkuat dan menahan daya tahan tubuh dan menambahkan kalsium dan zat kapur pada rangka serta persendian manusia. Sifat Chakra ini adalah penguat kerangka manusia.

Chakra Organ Tubuh

Chakra Organ Tubuh terdapat pada bagian-bagian organ tubuh terutama pada area tujuh chakra utama, seperti chakra Organ Tubuh Mata, Hidung, Telinga di area chakra Ajna.

Chakra Minor

Chakra Minor terletak di telapak kaki dan telapak tangan. Chakra ini berfungsi sebagai pembangkit energi Metafisika Spiritual dan  energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta dan sebagai tempat keluar masuknya energi tersebut pada saat kita mentransfer atau menghimpun energi Metafisika Spiritual dan  energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta.

Chakra Laser

Chakra Laser terletak pada ujung jari kaki dan jari tangan. Chakra ini berfungsi sebagai pembangkit energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta dan sebagai tempat keluar masuknya energi tersebut pada saat kita mentransfer atau menghimpun energi Metafisika Spiritual dan  energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta. Bedanya dengan chakra Minor, pengeluaran atau pemasukan energi melalui chakra ini lebih kecil, fokus, dan lebih halus.

Fungsi Chakra Jasad Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, chakra Jasad berfungsi sebagai:

  • Penyeimbang seluruh energi dari tujuh chakra utama, chakra Persendian Tubuh, chakra Organ Tubuh, chakra Minor, dan chakra Laser.
  • Pengendali seluruh gerak energi tujuh chakra utama, chakra Persendian Tubuh, chakra Organ Tubuh, chakra Minor dan chakra Laser.
  • Pengatur hormon-hormon pada tubuh manusia. Misal-nya, hormon adrenalin dan hormon insulin pada ginjal dan hati, hormon ovum dan sperma pada alat vital, hormon tiroksin pada kelenjar gondok dan hormon lainnya pada tubuh manusia.

Fungsi Chakra Shing Chi Inner Body

Chakra Shing Chi Inner Body merupakan chakra Ilahiah atau chakra Spiritual yang utama.

Chakra Shing Chi Inner Body berpusat di chakra Anahata (jantung). Chakra ini merupakan penyeimbang dari chakra Jasad dan tujuh chakra utama. Tanpa chakra Shing Chi Inner Body maka segala energi Metafisika Spiritual yang ada pada chakra Jasad dan tujuh chakra utama tidak akan bangkit, akibatnya manusia tersebut mati.

Mengapa chakra Shing Chi Inner body berpusat pada chakra Anahata (jantung)? Sesungguhnya chakra Shing Chi Inner Body berpusat pada tiga chakra utama dari tujuh chakra utama, yaitu chakra Kundalini (Mooladhara), chakra Anahata, dan chakra Sahasrara. Ketiga chakra utama ini merupakan jalur dari inti awal pembangkitan energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta. Jika chakra Kundalini tidak bangkit dan tidak menuju ke chakra Anahata ataupun chakra Sahasrara maka sebesar apa pun energinya chakra Shing Chi Inner Body tetap tidak akan bangkit. Jika chakra Anahata tidak dibangkitkan, manusia tidak akan mampu mengedarkan darah. Jika chakra Sahasraranya tidak bangkit, energi Spiritual apa pun tidak akan dapat masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, ketiga chakra ini menjadi sangat penting.

Chakra Kundalini akan bangkit jika chakra tersebut telah menerima Shaktiphat, yaitu energi yang berawal dari chakra Shing Chi Inner Body. Sehebat apa pun manusia, jika chakra Shing Chi Inner Body-nya tidak bangkit ia tidak akan mem-punyai Shaktiphat yang lebih tinggi dari Shaktiphat yang dibutuhkan oleh chakra Kundalini. Oleh karena itu, seseorang yang tidak bangkit chakra Shing Chi Inner Body-nya secara maksimal, ia tidak akan dapat membangkitkan chakra Kundalini.

Bangkitnya tiga chakra utama ini (chakra Kundalini, chakra Anahata, dan chakra Sahasrara) sangat dibutuhkan untuk membangkitkan chakra Shing Chi Iner Body. Oleh karena itu, untuk mendapatkan shaktiphat yang melebihi yang dibutuhkan oleh chakra Kundalini, Anda harus mencari se-orang Master yang telah bangkit chakra Shing Chi Inner Body-nya secara maksimal dan telah memiliki shaktiphat yang melebihi batas yang dibutuhkan oleh chakra Kundalini.

Mengapa demikian? Sebagai contoh, Anda memiliki shaktiphat sebesar 5. Karena untuk membangkitkan chakra Kundalini dibutuhkan shaktiphat 20, maka Anda kekurangan shaktiphat 15. Akibatnya, Anda tidak mungkin dapat mem-bangkitkan chakra Kundalini dan hal ini pasti hanya akan merugikan diri Anda. Tetapi jika Anda menemukan seorang master yang hanya memiliki shaktiphat yang cukup sehingga hanya mampu memberikan Anda shaktiphat sebesar 15 —sehingga shaktiphat Anda menjadi 20— Anda tidak akan berhasil membangkitkan chakra Kundalini karena setidaknya Anda harus memiliki Shaktiphat lebih dari 20 sehingga hasil-nya maksimal. Oleh karena itu, setidaknya carilah master yang dapat memberikan Anda shaktiphat yang jauh melebihi batas ketentuan yang dibutuhkan chakra Kundalini (Mooladhara).

Jadi, fungsi chakra Shing Chi Inner Body dalam tujuh chakra utama dan chakra Jasad adalah untuk menyeimbang-kan energi-energinya dan membuat suatu Shaktiphat yang lebih tinggi agar Anda mengalami suatu proses peningkatan dalam proses keseimbangan energi. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat membangkitkan chakra Jasad atau ketujuh chakra utama saja, tetapi Anda pun bisa menjadi seorang yang menguasai segala hal dalam fungsi pembangkitan ini.

SALAM

Padepokan Pusat (Puri Gading)

Komplek Puri Gading, Jl. Alam Raya 2 Blok D2 No. 17, Jati Melati, Pondok Melati Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

 

Mobile    : 0816 -184 -7603, 0821-1417-8187 (Adi M. Fadhil-calls only)

Email         : kundaliniyogaindonesia@gmail.com,  adimfadhil@gmail.com

The URI to TrackBack this entry is: https://adimfadhil.wordpress.com/2009/12/04/hello-world/trackback/

RSS feed for comments on this post.

13 CommentsLeave a comment

  1. salam knal bwt para master,,,,,,
    nma sya galih putranto (cilegon banten) artikel nyah menarik untuk d baca,,,

  2. aRtikel Yg Bgusttt Bangetttt…….

    mw buka cakra tpiii mdagg tw caranya….

    • untuk membuka chakra harus ada pembimbingnya yang sudah tau betul mengenai tehnik membuka chakra yang benar dan aman.

  3. kalo latihan sndiri bisa ga?

    • Latihan sendiri tanpa pembimbing sangat tidak dianjurkan. Saya sarankan cari guru yang kompeten. Salam
      m.

  4. artikel yg bagus

  5. Maaf master guru, saat aku melakukan meditasi badan ku bergoyang kesana kemari dan setelah itu badan ku bergerak nak turun ketinggian lompatan tubuh saat bersila kurang lebis 1 jenggkal. Maaf guru master aku masi awam tentang meditasi, mohon penjelasannya. Terimakasih

    • gerakan itu merupakan efek dr adanya sumbatan saluran energi dalam subtle system. saran saya cari guru yang bisa membersihkanya atau silahkan datang kepadepokan kami untuk membersihkan subtle system anda. cobalah kendalikan dengan niat untuk tidak bergerak liar. gunakan hati sebagai pengendalinya. salam

  6. salam sejahtera….
    saya pernah membawa anak saya ke tempat paranormal karena anak saya sering takut dengan org sekalipun org yg dikenalnya.kata paranormal itu cakra anak saya terbuka.yg ingin saya tanyakan apa maksudnya cakra anak saya terbuka dan apa efek negatifnya?krn saya membiarkannya terbuka

    • Semua chakra terbuka karena tugas chakra adalah mensuplai energi ke organ. Saya kurang jelas dengan apa yg dimaksuk paranormal itu. Menurut saya perlu ditelusuri sebab anak anda takut dgn org lain. Bisa saja dia pernah mengalami trauma yg menyebabkan dia takut dgn org lain.

  7. salam master adi,apakah kundalini seseorang bisa hilang apabila tidak pernah latihan…

    • Salam. Kundalini bisa turun lagi apabila digunakan untuk hal2 yang negatif dan kejahatan. Kl lama gk dilatih hanya melemah saja

      • Bagaimana cara untuk mengatahui kuat/lemahnya kundalini itu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: